Rabu, 05 Februari 2014

Kuliah

Setelah tiga tahun mengenyam bangku kuliah, dan setelah melihat perkembangan teman-teman dan diri saya sendiri, tiba-tiba saya menyadari satu hal.

Yes, We have grown up.

Coba kita sedikit flashback ke masa lalu, jaman SMA, masa yang paling indah katanya. Menurut saya semua tahap di hidup kita memiliki kesannya masing-masing. Semua ada enak-gak enak nya. Di setiap tahap itu juga pasti ada teman dan sahabat yang silih berganti. Yang ingin saya bicarakan disini adalah mengenai kedewasaan. Pada tahap SMA kita masih terjebak dengan kehidupan remaja, masih belum memikirkan mau kemana, jadi apa kita nantinya. Semua masih se-kehendak orang tua, atau kehendak guru juga mungkin. Hidup hanya untuk sekolah dan bermain.

Lalu lihat kita yang sekarang. Tahap kuliah benar-benar akan mengubah hidup anda. Apa yang anda,  kita ambil sebagai jurusan kita adalah masa depan yang kita tentukan. Mungkin tidak seratus persen, tapi banyak persen yang kita ambil, kita lakukan di dunia perkuliahan akan berpengaruh pada tahapan kehidupan kita nantinya. Bisa dikatakan pintu gerbang untuk sisa hidup kita kedepannya. Di sinilah kedewasaan kita berkembang. Kita akan menentukan hidup kita sendiri, kita akan jadi apa nantinya, dua tahun kedepan, lima tahun kedepan, sepuluh tahun kedepan. Kita yang menentukan kapan kuliah kita selesai. Kita yang menentukan studi apa yang akan kita pelajari lebih lanjut, yang sedikit banyak juga berpengaruh pada hal apa yang akan kita lakukan setelah kehidupan kampus. Kita mulai menentukan semuanya disini, di tahap kehidupan kampus ini.



*Dibuat di tengah galaunya memikirkan jalan studi apa yang akan di tempuh, tempat Kerja Praktek apa yang harus dimasuki, dan memulai semester baru dengan mata kuliah yang sudah sangat kepalang basah untuk tidak terjun dalam dunia kemaritiman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar